1st Indonesian Food Bowl Quiz Competition 2011 (press release)

1st Indonesian Food Bowl Quiz Competition 2011 adalah lomba cepat tepat ilmu pangan mahasiswa tingkat nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keilmuan bagi mahasiswa teknologi pangan dan ilmu gizi di seluruh Indonesia melalui kegiatan ilmiah keilmuan dan untuk memilih delegasi Indonesia untuk acara sejenis di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Undergraduate Bowl Quiz Competition 2011 pada 12th ASEAN Food Conference 2011 di Bangkok, Thailand.

Kegiatan ini dilatarbelakangi sejak 2007 diselenggarakannya Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 oleh ASEAN Committee on Science and Technology (ASEAN COST) dan Federation of Institutes of Food Science and Technology in ASEAN (FIFTSA) sebagai asosiasi profesional teknologi pangan tingkat Asean yang bersamaan dengan Asean Food Conference.

1st Indonesian Undergraduate Quiz Bowl Competition ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (HIMITEPA), Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, dan dukungan dari Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI).

Peserta yang berhak mengikuti lomba ini adalah mahasiswa teknologi pangan, ilmu gizi, dan bidang ilmu terkait serta komisariat HMPPI di seluruh wilayah Indonesia, yang merupakan kelompok yang terdiri dari 4 (empat) orang dan merupakan perwakilan dari masing-masing universitas (dan masing-masing universitas dapat mengajukan lebih dari satu kelompok). Lingkup materi yang diujikan mencakup:

1.         Peraturan pangan internasional dan nasional

2.         Sistem keamanan pangan: GMP, HACCP, dsb

3.         Ilmu pangan dasar: terkait prinsip biologi, fisik, kimia, mikrobiologi, dan nutrisi

a.       Kimia pangan

b.      Analisis pangan

c.       Jaminan mutu pangan

d.      Evaluasi sensori

4.         Ilmu pangan terapan:

a.       Proses pengolahan dan pengawetan pangan

b.      Proses termal

c.       Pengemasan

d.      System operasi dan industri pangan

Kegiatan ini berlangsung dalam tiga tahap, yaitu tahap Seleksi Tingkat Regional, tahap Semifinal, dan Seminar Nasional dan Final Food Bowl Quiz. Tahap pertama,  Seleksi Tingkat Regional ini dilaksanakan di eman regional, salah satunya adalah Institut Pertanian Bogor untuk Regional III yaitu JaBoTaBek. Tahap khusus untuk wilayah JaBoTaBek ini telah berlangsung pada tanggal 06 Maret 2011, mulai pukul 08.00-16.45 WIB. Untuk Regional III, ada 15 tim yang mengikuti lomba. Seluruh peserta harus mengikuti tahap seleksi I berupa tes tertulis yang dilaksanakan secara berkelompok. Pada tahap ini akan dipilih 9 kelompok peserta yang berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Tahap seleksi mencakup lingkup materi yang diujikan. Tes tertulis yang diberikan berupa 60 soal yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda, 15 soal benar-salah, 15 soal sebab akibat, dan 15 soal isian singkat. Hasil seleksi akan meloloskan 9 grup terbaik utnuk masuk ke babak semi final. Enam grup berasal dari peserta terbaik di masing-masing regional hmppi yang berjumlah 6 regional. Sementara 3 grup lainnya berasal dari 3 peserta dengan nilai terbaik nasional diluar 6 grup tadi.

Tahap kedua, Semifinal akan dilaksanakan pada  29-30 April 2011, pukul 08.00-16.30 WIB, di Auditorium Abdul Muis Nasution, FATETA, Kampus IPB Darmaga. Tahap ketiga,  Seminar Nasional dan Final Food Bowl Quiz akan dilaksanakan pada 30 April 2011, pukul 08.00-17.00 WIB (Final Food Bowl Quiz), di IPB International Convention Centre. Selama kompetisi berlangsung, bahas pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Selain bertujuan untuk memilih delegasi Indonesia pada ajang ASEAN Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 di Thailand, 16-18 Juni 2011, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin kerjasama antara anggota HMPPI  dengan akademisi, swasta, dan pemerintah dalam bidang pangan dan gizi, meningkatkan pemahaman keilmuan bagi mahasiswa teknologi pangan dan ilmu gizi di seluruh Indonesia, serta menumbuh kembangkan rasa solidaritas dan kebersamaan di kalangan mahasiswa Indonesa khususnya mahasiswa teknologi pangan dan gizi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *