7 Bagian Daging Sapi yang Sering Diolah menjadi Makanan

IMG-20170831-WA0000

7 BAGIAN DAGING SAPI YANG SERING DIOLAH MENJADI MAKANAN

Daging sapi merupakan salah satu produk peternakan yang sangat diminati semua orang. Berbagai olahan dari daging tersebut telah banyak ditemukan diberbagai belahan dunia. Setiap olahan memiliki cita rasa yang khas dan dibuat dari bagian daging yang belum tentu sama. Ada alasan dibalik olahan dan bagian daging sapi yang digunakan. Berikut 7 bagian daging sapi yang sering digunakan sebagai olahan makanan dan alasan digunakannya bagian tersebut.

Sampil/Chuck

sampil

Sampil dalam Bahasa Indonesia adalah bagian daging sapi yang didapat dari paha depan, bahu dan punuk. Daging sampil/chuck merupakan daging yang penuh rasa namun kurang lunak karena kandungan kolagen yang cukup tinggi. Karakteristik sampil yang penuh rasa menjadikannya sering dibuat menjadi panganan bakso, mudah dibentuk karena kandungan kolagennya.

Sandung Lamur/Brisket

brisket

Sandung lamur atau brisket merupakan potongan yang umumnya agak berlemak, bagian daging tersebut terletak di sekitar ketiak sapi sampai dada sapi. Sandung lamur biasa digunakan untuk membuat sop dan hidangan berkuah lainnya yang dimasak dengan api kecil serta digunakan untuk membuat smoked beef dan kornet di negara-negara Barat.

Iga/Strip/Rib

iga

Bagian iga diambil dari sekitar tulang rusuk atau rib, bagian daging tersebut juga biasa disebut strip. Umumnya bagian diambil dari rusuk keempat hingga rusuk keduabelas. Iga dapat disajikan dengan atau tanpa tulang, dapat dijadikan sebagai steak iga dan sop seperti sop konro atau dimasak semur.

Has Dalam/Tenderloin

has dalam

Daging has dalam atau biasa disebut tenderloin merupakan bagian daging yang paling empuk dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Bagian tersebut didapat dari otot utama sekitar pinggang sapi, atau sekitar bahu dan tulang panggul. Bagian ini termasuk bagian yang paling mahal dan sering dijadikan sebagai steak karena cepat masak.

Has Luar/Sirloin

has luar

Daging has luar atau sirloin merupakan bagian yang diambil dari bagian atas daging has dalam. Dagingnya tidak seempuk has dalam, namun sering juga digunakan sebagai steak karena tidak sealot daging lainnya. Harganya cukup terjangkau bila dibandingkan has dalam.

Sengkel/Shank

sengkel

Sengkel merupakan bagian yang diambil dari kaki bagian depan atas dari sapi, yang umumnya digunakan untuk menghasilkan kaldu. Potongan daging ini tidak lunak, dan bisa dibuat menjadi kari, sop, digiling untuk dijadikan daging cincang yang tidak begitu berlemak.

Samcan/Flank

flank

Samcan atau flank merupakan potongan dari bagian otot perut. Bentuknya panjang dan datar serta kurang lunak. Di Prancis daging ini dinamakan bavette, dimasak secukupnya saja dan dimakan rare supaya daging tidak menjadi alot karena dimasak terlalu lama. Samcan yang diiris tipis-tipis seringkali dijual sebagai daging oseng-oseng.

Sumber:

http://www.agrobisnisinfo.com/2015/09/macam-macam-istilah-bagian-bagian.html

http://resepcaramemasak.org/jenis-jenis-bagian-daging-sapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *