Ayam Elba, si Ayam Kampung Petelur Super

1498021753477           Ayam elba menjadi harapan baru di Dusun Batikan, desa Soropodan, Temanggung-Jawa Tengah. Daerah tersebut merupakan cikal bakal si ayam kampung petelur super tersebut. Telur tetas yang awalnya dibawa oleh Lala Setiawan dari rekannya yang memiliki peternakan di Jeddah hanya berjumlah 60 butir. Kemudian, ia bagikan pada koleganya di Dusun Batikan salah satunya Yap Tjie Tiong. Awalnya hanya sebanyak 3 butir telur yang dapat menetas yaitu milik Yap Tjie Tiong, namun dari 3 butir telur tersebut menjadi ribuan ekor yang disebut ayam elba.

          Sosok dan tipe ayam elba sangat menarik. Produktivitasnya sangat tinggi yaitu 25-28 butir per bulan. Sebagai petelur, elba lebih unggul dibandingkan dengan ayam arab dan ayam buras lokal karena produksinya lebih besar. Ayam arab hanya dapat memproduksi 50-60 butir per hari per 100 ekor dana yam buras sebanyak 50 butir dari 100 ekor ayam. Sedangkan dari 100 ekor ayam elba dapat menghasilkan 80-85 butir. Berat telur rata-rata yang dicapai ayam elba per butirnya dapat mencapai bobot rata-rata sebesar 60 gram dengan cangkang telur berwarna putih. Biaya pakan ayam elba relatif murah karena nilai FCR (Feed Consumption Rate) yang diperoleh ayam elba lebih rendah dibandingkan ayam arab maupun ayam buras. Seekor ayam elba hanya membutuhkan 70 gram pakan per hari. Sedangkan ayam arab dana yam buras membutuhkan pakan masing-masing sebesar 80 dan 90 gram per hari.

          Sepintas ayam elba memiliki sifat tidak mengeram seperti ayam arab dana yam buras yang menjadi keunggulan tambahannya. Artinya waktu periode mengeram dapat difungsikan sebagai penghasil telur kembali. Namun, budidaya ayam elba disarankan dengan pola budidaya intensif sejak periode DOC hingga periode menghasilkan telur. Pola budidaya tersebut juga didukung dengan pemberian pakan yang cukup dan berkualitas serta manajemen perkandangan dan budidaya serta manajemen kesehatan yang baik pula.

Sumber:

Kholis S, Sarwono B. 2013. Ayam Elba Kampung Petelur Super. Jakarta (ID): Penebar Swadaya

http://cybex.pertanian.go.id/materipenyuluhan/detail/10756/mengenal-ayam-elba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *