BALAI PENGEMBANGAN PERBIBITAN TERNAK SAPI POTONG CIAMIS

Liburan semester adalah saat dimana mahasiswa memanfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak dari aktivitas kampus dengan liburan atau pulang ke daerah asal masing-masing. Namun hal berbeda dilakukan oleh calon pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (Himaproter). Liburan semester kali ini dimanfaatkan dengan melaksanakan magang untuk menambah pengalaman nyata dalam beternak. Program magang ini bertujuan untuk melatih softskillI dan hardskillI calon pengurus dalam bidang peternakan maupun diluar peternakan. Salah satu tempat magang yang disediakan oleh Himaproter yaitu di Balai Pengembangan Perbibitan Ternak Sapi Potong Ciamis (BPPT Sapi Potong Ciamis).

3

BPPT Sapi Potong mempunyai tugas pokok yaitu melakukan pengujian dan pengembangan perbibitan ternak sapi potong.  Populasi sapi potong yang terdapat BPPT Sapi Potong sekitar 378 ternak. Kegiatan magang yang dilakukan di BPPT Sapi Potong Ciamis berlangsung pada tanggal 20 Januari 2016 sampai 30 Januari 2016.

Kegiatan yang dilakukan di BPPT Sapi Potong Ciamis meliputi pemeliharaan di berbagai kandang. Terdapat 10 jenis kandang, dimana kegiatan pemeliharaan yang dilakukan oleh peserta magang dari Himaproter dilakukan secara bergilir. Setiap kandang terdapat satu atau dua peserta magang yang melakukan kegiatan pemeliharaan. Pemeliharaan dilakukan mulai pukul 05.30 WIB. Pemeliharaan yang dilakukan meliputi kegiatan  membersihkan kandang setiap pagi dan sore hari serta pemberian pakan yang berupa hijauan dan konsentrat. Selain kegiatan tersebut, kegiatan lain yang dilakukan antara lain pengecekan kesehatan ternak dan pengambilan semen pejantan.

Selain kegiatan pemeliharan di kandang, dilakukan pula kegiatan yang melibatkan mahasiswa yang berasal dari Universitas Padjajaran, Universitas Jendral Soedirman, anak kandang, dan staff BPPT. Kegiatan tersebut berupa gathering yang dilakukan pada tanggal 23 Januari 2016.  Rangkaian acara tersebut berupa makan bersama, perkenalan, dan sharing. Selain kegiatan yang melibatkan mahasiswa universitas lain dan staff BPPT, juga diadakan kegiatan yang melibatkan warga sekitar yaitu diadakannya pertandingan bola voli. Pertandingan ini dilaksanakan di lapangan sekitar BPPT Sapi Potong Ciamis.

Pembekalan mengenai sapi Pasundan juga merupakan salah satu agenda yang dilaksanakan pada saat magang. Pembekalan ini dilakukan oleh Bapak Wito pada tanggal 26 Januari 2016 mulai pukul 21.00-23.00 WIB. Pembekalan ini menambah pengetahuan mengenai sapi Pasundan yang selama ini belum diketahui oleh banyak masyarakat, dimana sapi Pasundan telah ditetapkan sebagai plasma nutfah asli Jawa Barat.

Diskusi bersama Ibu Erni selaku Kepala Staff BPPT Sapi Potong Ciamis juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di BPPT Sapi Potong Ciamis. Diskusi yang dilakukan pada tanggal 27 Januari 2016 ini membahas tentang tantangan peternakan masa sekarang yang dihubungkan dengan teori yang didapatkan selama masa perkuliahan. Output yang didapatkan dari diskusi ini adalah mengasah wawasan terhadap permasalahan yang terjadi di dunia peternakan saat ini.

Kegiatan yang dilakukan sebelum magang berakhir yaitu diadakannya seminar  oleh calon pengurus Himaproter. Seminar yang disampaikan mempunyai tema “Pentingnya Pemanfaatan Limbah Peternakan”. Dalam seminar tersebut disampaikan bagaimana cara pemanfaatan limbah yang bernilai ekonomis. Dalam seminar tersebut juga dilakukan diskusi bersama beberapa staff BPPT Sapi Potong Ciamis.

Mengisi waktu liburan dengan magang di BPPT Sapi Potong Ciamis memberikan pegalaman yang luar biasa bagi peserta magang. Tidak hanya pengalaman secara ilmu, magang ini juga memberikan kesempatan kepada anggota magang untuk bisa melihat kondisi lapang peternakan secara langsung, membuat relasi antar peserta magang atau dengan pekerja kandang, serta belajar mengenai sosial dan budaya masyarakat setempat. Semoga magang berikutnya juga memberikan dampak yang sama dan semakin merealisasikan aksi nyata dari program kerja Himaproter ditahun kepengurusan yang baru ini, yakni masif dan ekspansif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *