Magang Anggota HIMAPROTER : Fakultas Peternakan IPB di WaluyaWijaya Farm (WWF)

Magang anggota HIMAPROTER di Waluya Wijaya Farm (WWF) dilaksanakan selama 10 hari atau pada tanggal 18 – 28 Januari 2016. Anggota HIMAPROTER yang mengikuti magang ini berjumlah 10 orang yang terdiri atas angkatan 49 – 51.

Hari pertama magang dilakukan pengarahan danpenjelasan mengenai mekanisme kegiatan magang oleh pembimbing magang. Dari 10 anggota magang dibagi menjadi tiga kelompok piket yaitu kelompok sapi laktasi, kelompok sapi dara dan pedet, dan kelompok kambing. Piket dilaksanakan secara rotasi atau bergantian untuk ketiga kelompok tersebut masing – masing selama tiga hari.

Piket kelompok sapi laktasi dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam sehari. Kegiatan yang dilakukan selama piket sapi laktasi meliputi sanitasi kandang, pemberian pakan konsentrat dan ampas tahusebelum pemerahan, memandikan sapi, membersihkan ambing dan putting sapi menggunakan cairan iodine, pemerahan menggunakan alatpemerah susu (cluster),penimbangan dan pencatatan produksi susu, pemeriksaan penyakit mastitis dari susu yang dihasilkan, kemudian setelah pemerahan sapi diberikan pakan hijauan.

Selanjutnya yaitu pemeliharaan sapi dara dan pedet dengan piket yang dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam sehari. Kegiatan piket pada sapi dara dan pedet yaitu sanitasi kandang, memandikan sapi, pemberian pakan sapi dara dan pedet yang meliputi konsentrat dan hijauan, serta pemberian susu pada pedet. Selain itu juga dilakukan pengecekan palatabilitas pakan dan kesehatan sapi.

            Terakhir yaitu kegiatan pemeliharaan kambing. Kambing yang dipelihara merupakan jenis kambing penggemukan yaitu jenis kambing kacang. Pemeliharaan meliputi sanitasi kandang, pemberian pakan, penimbangan bobot badan secara berkala, pengamatan tingkah laku kambing, pemeriksaan penyakit pada kambing, serta pemeriksaan dan pemotongan kuku untuk menghindari penyakit kaki busuk (foot rot).

Selain melakukankegiatanpemeliharaan, pesertamagang di WWF juga melakukan berbagai macam kegiatan lainnya seperti mengetahui pengolahan susu yang diolah menjadi keju mozarela, palpasi rektal, penyuntikan vaksin, kunjungan kelahan HMT (Hijauan Makanan Ternak), kunjungan ke kandang sapi perah milik Prabowo, diskusi atau sharing bersama pembimbing magang mengenai jalannya kegiatan magang, dan diakhir magang dilakukan presentasi hasil kegiatan magang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *