MAGANG HIMAPROTER : BALAI EMBRIO TERNAK CIPELANG BOGOR

Liburan kali ini Himaproter mengadakan kegiatan berupa magang yang diharapkan dapat meningkatkan softkill dan wawasan calon pengurus Himaproter periode 2015/2016 dan anggota Himaproter. Magang ini juga dijadikan sebagai sarana untuk menyaring pengurus Himaproter periode 2015/2016. Slah satu tempat magang tersebut yaitu di Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang Bogor. Aktivitas magang di balai ini dilakukan di kandang dan ada sebagian di laboratorium. Hal ini tergantung dengan jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan dimulai pukul 06.30 WIB dari kantor  BET menuju kandang yang terletak 1250 mdpl dan selesai pada pukul 15.00 WIB dengan selang istirahat pada pukul 11.30 sampai dengan 13.00 WIB. Adapun transportasi yang digunakan adalah truck yang disediakan untuk pegawai dan mahasiswa magang, PKL, atau penelitian dengan jadwal masuk kerja layaknya PNS sabtu-minggu libur.

1

Rutinitas yang paling wajib ketika berada dikandang untuk pertama kali adalah membersihkan kandang dan memandikan sapi. Rutinitas ini dilakukan pada semua kandang tanpa terkecuali. Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang mempunyai beberapa kandang diantaranya kandang utama meliputi (kandang A, B, dan C), kandang Sukhoi yang terletak lebih tinggi dari kandang utama, dan kandang Rearing (Rearing 1, 2, 3) yang letaknya lebih rendah dari kandang utama, kandang untuk lelang, dan kadang untuk pejantan. Adapun jenis sapi yang ada di BET adalah Limousin, Simental, Wagyu, PO, Brangus, Brahma, Frisien Holland.

Kegiatan menyiapkan pakan biasanya dilakukan pada pagi hari di gudang pakan. Kegiatan yang dilakukan adalah memotong rumput (cooper) secara kasar dan pengadukan konsentrat untuk pedet, resepien (penerima embrio), dan donor (pemberi embrio). Setelah pakan siap, pukul 09.00 WIB pakan didistribusikan menggunakan truck ke semua kandang kemudian disusul dengan flushing yaitu panen embrio ternak. Kegiatan flusing bisa dilakukan di kandang utama A, kandang utama B, terkadang juga di kandang Sukhoi. Hal ini tergantung tempat jenis sapi donor yang akan di flusing. Biasanya kegiatan flushing bisa dilakukan untuk 3-4 ternak siap flusing. Tidak hanya flushing yang dilakukan adapun juga Transfer Embrio (TE) juga dilakukan. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sore hari setelah kegiatan flusing sekitar pukul 14.00 WIB sampai selesai. Setelah flusing dilakukan, hasilnya dibawa  ke laboratorium untuk dilihat dan diperiksa kualitas embrio yang diperoleh. Serta di bekukan untuk sewaktu-waktu di transfer pada sapi resipien yang siap untuk menerima embrio.

2

Ada banyak kegiatan tambahan yang dilakukan di BET contohnya handling sapi dengan tali, menggiring sapi, pemerahan susu untuk pedetan, dan penggantian eartag sapi. Selain itu kegiatan rutin selama 6 bulan sekali yang biasa dilakukan di balai ini adalah pemotongan kuku sapi. Pemotongan ini bertujuan menjaga kesehatan dan menghindari rasa sakit pada sapi jika kuku terlalu panjang. Kegiatan puncak paling akhir yang sedikit membuat nervous pada kami adalah presentasi. Disini para peserta magang dari Himaproter mempresentasikan semua kegiatan dan ilmu  yang didapat selama 10 hari magang di BET. Presentasi dihadiri oleh mahasiswa universitas lain turut magang (jika ada), semua pegawai, dan penguji.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *