MAGANG HIMAPROTER : KOPERASI AGRONIAGA MAJALENGKA

Magang ini dilaksanakan untuk para pengurus dan calon pengurus Himaproter yang dilaksanakan dari tanggal 18-31 Januari 2016. Salah satu dari tempat magang yang dilaksanakan berada di Desa Pakubereum, Kecamatan Kertajadi, Kabupaten Majalengka. Magang kali ini kami rasa cukup berbeda dari magang Himaproter biasanya, karena tempat magang ini berupa suatu koperasi yang menajalankan suatu peternakan dengan konsep kemitraan. Koperasi Agroniaga ingin mewujudkan tujuannya yaitu memiliki ternak banyak tanpa kandang. Oleh karena itu, koperasi ini menggunakan konsep kemitraan dengan masyarakat.

            Magang di Koperasi Agroniaga dilaksanakan dari tanggal 19 sampai 29 Januari 2016 pada awalnya, namun karena bapak Didik selaku penelola Koperasi pada tanggal 29 akan pulang kampung maka magang kami berakhir tanggal 28 Januari 2016. Hari pertama saat datang di Mes, kami disambut hangat oleh bapak Didik dan Kang Dudung. Keesokan harinya kami dijelaskan mengenai kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama magang berlangsung hingga mengenai tata tertib yang harus patuhi. Bapak Didik selaku pengelola Koperasi Agroniaga Majalengka membuat acara penyambutan yang bertempat di Kantor Desa Pakubeurem. Sesuatu yang tidak biasa kami dapatkan karena diperlakukan begitu istimewanya hingga kami disambut langsung oleh kepala desa dan Kepala Koperasi Agroniaga yang sengaja datang dari Cirebon untuk menyambut kami.

            Kegiatan magang kami cukup banyak, namun sekali lagi magang ini berbeda dengan magang kami sebelumnya yang hanya di kandang saja. Awalnya kami buka kegiatan di kandang dengan melakukan pratik langsung mengenai manajemen pemeliharaan domba. Kami ditunjukan bagaimana cara manajemen pemeliharaan domba dari mulai yang biasa hingga yang unik. Sesuatu yang unik terdapat di kandang pembelajaran yaitu, kandang domba yang biasanya bau kotoran namun di kandang pembelajaran Agroniaga ini tidak terasa bau sekali. Selama di kandang kami diajarkan melihat betina birahi, betina bunting, proses pengawinan, memotong kuku domba, memotong bulu domba, memandikan bulu domba, memberikan pakan domba, mengobati domba, dan memilih betina untuk bibit yang baik.

            Selain kegiatan di kandang kami juga melakukan kegiatan di luar kandang seperti mengunjungi para mitra dari Koperasi Agroniaga, melihat kebun rumput yang biasa digunakan untuk lahan pastura, presentasi mengenai materi domba, dan mengunjungi pasar ternak di Majalengka. Kegiatan mengunjungi para mitra Koperasi ini salah satunya adalah mengunjungi mitra yang mengolah limbah ternak yang diolah menajadi pupuk organik. Kami diajarkan bagaimana cara pengolahan dari mulai mendapatkan bahan baku hingga memasarkan pupuk organik dari kotoran domba. Selain itu, kami diajak mengunjungi para mitra dan diajarkan bagaimana seharusnya berkomunikasi dengan  masyarakat yang latar belakangnya berbeda-beda. Kami juga ditunjukan kebun rumput yang biasanya digunakan sebagai lahan pastura dan tempat mencari rumput untuk pakan domba.

            Kami mendapatkan materi tentang domba, seperti layaknya kuliah dan materi tersebut dijelaskan oleh kang Dudung. Kang Dudung sendiri ternyata adalah alumnus dari Fakultas Peternakan juga, yang ilmu mengenai dombanya sudah sangat banyak. Pemberian materi ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan kami mengenai ternak domba. Tidak seberapa jauh dari mess kami terdapat pasar ternak Regional Majalengka, dan kami mendapat kesempatan untuk berkunjung ke pasar  ternak tersebut. Di pasar ternak terdapat ternak domba, kambing, dan sapi. Kami disana melihat bagaimana proses jual beli ternak, yang mana tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Karena ternyata peternak tidak menjual langsung ternaknya pada pembeli namun ternyata peternak mejual dahulu ternak ke tengkulak, dari tengkulak baru dibawa ke pasar ternak dan di pasar ternak dijual oleh calo ke calo lain dan terakhir ke tengkulak besarnya yang membeli ternak dalam jumlah yang banyak.

            Hari terakhir kegiatan magang, kami melakukan presentasi pada para pembimbing kami dari Koperasi Agroniaga tentang kegiatan yang telah dilakukan disambung dengan acara makan bersama sekaligus menandakan penutupan kegiatan magang tersebut. Begitu banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan pada saat magang, kegiatan magang di Majalengka ini perlu dilanjutkan untuk kepengurusan berikutnya karena suatu pengalaman magang yang tidak biasa kami dapatkan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *