MANFAAT DAN BAHAYA JEROAN

Hallo People! Himapr1469244622449oter Cerdas hadir kembali. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat dan bahaya jeroan. Yuk disimak artikelnya!

Hampir semua bagian dari tubuh hewan dapat diolah menjadi sesuatu yang lezat dimakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk jeroan. Namun, apakah jeroan termasuk makanan yang bermanfaat bagi kesehatan atau berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit?

Beberapa orang yang menghindari mengonsumsi jeroan karena dianggap dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu, seperti kadar kolesterol tinggi dan asam urat. Selain itu, organ seperti ginjal dan hati yang menyaring toksik juga dihindari karena dikhawatirkan terdapat residu yang dapat menyebabkan penyakit apabila dikonsumsi.

Secara umum jeroan mengandung banyak sekali nutrisi, seperti protein, zat besi, mineral, vitamin, mineral, dan lemak. Hati memiliki kandungan zat besi yang tinggi, lebih tinggi persentasenya dibandingkan bayam dan daging. selain hati, yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi adalah jantung dan ginjal. Ini sangat baik untuk penyembuhan bagi yng menderita penyakit anemia.

Dilihat dari tingginya nutrisi yang terkandung di dalamnya, jeroan dapat dijadikan alternatif sumber protein hewani. Namun, yang perlu diwaspadai adalah kandungan purin dalam jeroan yang tinggi. Purin merupakan salahsatu pemicu asam urat sehingga tidak baik bagi penderita asam urat untuk mengonsumsi jeroan.

Selain itu, yang mesti diwaspadai adalah kandungan kolesterol. Meskipun tidak semua jeroan mengandung kolesterol tinggi, teknik pemasakan yang tidak tepat dapat menyebabkan  meningkatnya kandungan kolesterol dalam jeroan.

Salahsatu teknik yang tidak tepat adalah penggunaan santan pada saat memasak jeroan. Santan digunakan dalam proses pemasakan untuk menghilangkan bau tidak sedap, dan membuat masakan menjadi lebih gurih. Namun, penggunaan santan dapat meningkatkan kadar kolesterol, dan semakin lama direbus kandungan kolesterol jahat semakin tinggi. Menggoreng jeroan dalam minyak yang panas juga tidak baik. Lemak jahat yang terdapat dalam minyak panas mudah diserap oleh jeroan, sehingga kolesterol jahat dapat meningkat apabila kita mengonsumsinya.

Solusi yang dapat digunakan untuk mengonsumsi jeroan dengan sehat dan aman adalah dengan mencuci jeroan sebersih mungkin, dan dimasak dengan cara memanggang jeroan dalam oven dengan suhu rendah sampai matang.

Meskipun baik untuk kesehatan, kita tetap perlu waspada dalam mengonsumsi jeroan. Sekian artikel tentang manfaat dan bahaya jeroan. Terima Kasih.

Sumber : www.1health.id

#HimaproterCerdas
#MasifEkspansif
#HimaproterKita
#Himaproter2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *