P3 MENGABDI

 

 

 

P3 kini menunjukkan aksinya dengan merealisasikan salah satu program kerjanya yakni pelatihan masyarakat bersama dengan HIMASIERA (SKPM). Minggu kemarin. 24  April 2016. P3, anggota Himaproter (beberapa mahasiswa (IPTP) bekerjasama dengan HIMASIERA melakukan pelatihan/demonstrasi pembuatan yoghurt kepada masyarakat di sekitar Desa Kebun Pede, Bogor.
Senang sekali acara pelatihan ini dihadiri lebih dari 30 warga peternakan dan beberapa jajaran dari pengemuka kelurahan Kebon Pedes, tak luput juga kehadiran ibu wina selaku perwakilan dari Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Bogor. Beruntung sekali kami selaku tim pelaksana bisa melangsungkan kegiatan ini dengan baik.
Kendala tentu tak luput dari kegiatan ini, dibalik kesuksesan berlangsungnya acara ini,  beberapa kendala terjadi seperti salah satu contohnya adalah keterlambatan warga untuk datang ke TKP sehingga membuat acara terlambat dimulai. Hal ini tidak mematahkan semangat panitia, kami selaku panitia harus berjalan door to door untuk mengajak beberapa warga supaya bisa turut berpartisipasi pada acara tersebut karena acara demonstrasi pembuatan yogurt akan segera dimulai. Hasil memang tidak pernah mengingkari sebuah usaha, usaha yang telah dilakukan membuahkan hasil yang sepadan. Setengah jam berkeliling, warga mulai berdatangan. Acara berlangsung dengan baik, MC dapat mencairkan suasana sehingga warga yang berpartisipasi dapat menikmati demonstrasi ini. Banyaknya warga yang berpartisipasi tidak hanya di saat itu saja. Satu persatu warga lainnya berdatangan memadati kursi-kursi yang disediakan.
Demonstrasi pembuatan yogurt disampaikan oleh pemateri yang adalah anggota HIMAPROTER , Yuni Nur Raifah. Warga terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut karena yogurt bisa dijadikan salah satu produk olahan susu yang diproduksi oleh Peternakan Sapi Perah yang ada di Desa Kebon Pedes, Bogor. Dengan adanya pembuatan yogurt tersebut, HIMAPROTER bersama HIMASIERA berhasil membagikan ilmu baru yang bermanfaat, tentunya bagi para ibu rumah tangga dan peternak sekitar Desa Kebon Pedes, yang mayoritas beternak sapi perah. Para warga di terlihat antusias saat beberapa tim mendemonstrasikan dan bahkan beberapa aktif untuk bertanya. Bukan hanya itu saja, yang lebih menyenangkan hati, warga mengikuti rangkaian acara hingga selesai (pukul 12.30).
Satu lagi aksi dari HIMAPROTER dan kini dilaksanakan bersama HIMASIERA. Kembali sebuah ilmu dibagikan. Sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa, ilmu akan berguna jika ilmu itu dibagikan kepada sesama. Salam masif ekspansif !
#P3mengabdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *