P4S WIRA TANI, SERUNYA BELAJAR SAMBIL BERLIBUR MENGENAL PERTANIAN DAN PETERNAKAN SECARA LANGSUNG

Liburan ini Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (HIMAPROTER) mengadakan kegiatan magang di beberapa peternakan yang ada di pulau Jawa. Kegiatan magang ini merupakan salah satu bentuk wajib dalam penyeleksian calon pengurus HIMAPROTER. Selain itu, magang juga dibuka untuk anggota HIMAPROTER yang turut ingin mengembangkan kemampuan dan pengalamannya dalam bidang keprofesian secara nyata. Magang dilakukan di beberapa peternakan, salah satunya adalah P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya) Wira Tani yang terletak di Desa Tegal Sawah, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

5

Gambar 1 Foto bersama pegawai kandang

            Peresmian P4S Wira Tani dilakukan pada 23 Januari 2015. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa magang untuk turut berperan aktif, seperti menjadi Master of Ceremony, mengambil dokumentasi, menyiapkan konsumsi, menjaga stand kelinci, serta turut melayani tamu termasuk orang-orang penting seperti Dinas Pertanian maupun Semenpora. Hari yang lain juga diisi dengan menyambut tamu penting lainnya seperti alumni Fakultas Peternakan IPB angkatan 16 dan 17, melakukan diskusi mengenai dunia peternakan, serta ilmu lainnya yang belum tentu didapatkan pada bangku perkuliahan. Kegiatan hari minggu diawali dengan berjualan kelinci di pasar kaget yang berada di Karawang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan skill mahasiswa dalam berwirausaha dalam bidang peternakan. Pengembangan skill wirausaha juga dilakukan melalui pelayanan secara langsung terhadap pembeli yang datang secara langsung membeli kelinci.

Magang ditutup dengan foto bersama dengan seluruh pegawai kandang yang ada di P4S Wira Tani dan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Karawang. Mahasiswa pulang kembali ke Bogor pada 30 Januari 2015 dengan membawa berbagai ilmu dan pengalaman menarik selama magang. Setelah magang, diharapkan mahasiswa menjadi lebih siap menghadapi tantangan di bidang peternakan serta mampu mengaplikasikan ilmunya bagi masyarakat pada umumnya dan HIMAPROTER pada khususnya.

Bogor, 1 Februari 2016

Shinta Yulya Basril

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *