PT NIKI TUNGGAL, LUMAJANG

Salah satu tempat magang untuk calon pengurus Himaproter periode 2015/2016 adalah di Lumajang tepatnya di peternakan PT Niki Tunggal pada tanggal 19-28 Januari 2016. Peserta magang berjumlah 8 orang.

9

Magang yang dilakukan selama 10 hari ini dimulai dari pukul 07.00 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB. Hari pertama, dipandu oleh manager PT Niki Tunggal, Bapak Yatno yang menjelaskan dan memperkenalkan mengenai lokasi dan situasi di perternakan ini. PT Niki Tunggal memiliki luas wilayah sekitar 100 hektar dengan populasi  layer 300.000 ekor, sapi pedaging yang berjumlah 300 ekor, dan domba yang berjumlah 123 ekor, serta memiliki karyawan sekitar 122 orang.

10

Hari kedua, magang dilakukan di kandang grower. Kegiatan di kandang grower meliputi pencucian gallon drinker, pemberian multivitamin, serta pemberian pakan dan minum. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan dan penyuntikan secara injeksi untuk ayam yang terserang flu dan penyemprotan BKC pada kandang grower. Dua hari berikutnya magang dilakukan dikandang layer. Kegiatan yang dilakukan adalah pemberian pakan di sepanjang pipa paralon yang disediakan untuk pakan ribuan layer itu dan mengecek nipple disetiap kandang baterai, meratakan pakan, membersihkan lantai kandang, mengambil telur, dan memisahkan telur ke dalam beberapa bagian.

Hari berikutnya peserta magang belajar untuk membuat eggs tray. Sebelum dilakukan penggilingan dan pencetakan eggs tray oleh mesin, bahan baku berupa kardus dan kertas bekas dipilah-pilah. Setelah eggs tray dicetak dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari  lalu dilakukan penataan eggs tray yang telah kering. Selanjutnya, kegiatan magang dilakukan di ruang feed division yaitu ruang pembuatan ransum unggas. Di PT Niki Tunggal pakan unggas diolah sendiri mulai dari penggilingan hingga mixing bahan baku pakan. Selain itu, peserta magang juga ditunjukkan beberapa penyakit pada ayam layer oleh salah satu mandor. Misalnya, tumor, cacar, dan coccidiosis.

Magang ini juga dilakukan di kandang sapi potong. Kegiatannya meliputi pembersihan kandang, pemberian pakan dan air minum, serta pemberian obat cacing (klosan bolus) pada sapi. Di kandang sapi, peserta magang belajar menyuntikkan vitamin pada sapi, IB, dan palpasi.

Selain itu, peserta magang juga belajar dan mengetahui lebih banyak mengenai analisis bisnis peternakan di PT Niki Tunggal, juga melakukan sebuah kunjungan ke peternakan kambing perah yaitu kambing Etawa yang ada di daerah Senduro, serta mengunjungi pasar ternak di Lumajang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *