TIPS PEMBERIAN PAKAN KUDA

1469585183675

 

Bahan pakan alami kuda adalah rumput, dalam hal ini dapat dipenuhi dari grazing. Kuda juga perlu hay dan grain yang berkualitas tinggi karena pakan yang busuk/rusak dan berjamur dapat berakibat fatal pada kuda. Kebutuhan pakan juga bersifat spesifik, tergantung dari pemanfaatan kuda yang bersangkutan.

Kebutuhan energi kuda pekerja lebih besar daripada kuda yang istirahat. Kadang-kadang kuda perlu pakan ekstra, seperti pelet, grain, serta suplemen vitamin dan mineral. Selain itu, bisa juga dengan pemberian konsentrat dengan frekuensi yang tetap, misalnya setiap hari, dua kali sehari, atau tiga kali sehari.

Kuda dengan beban yang berat memerlukan asupan kalsium (Ca) dan fosfor (P) agar terbentuk tulang-tulang yang kuat. Kekurangan Ca dan P dapat menyebabkan timbulnya penyakit richets.

Jumlah pakan yang diberikan setiap hari sebanyak 2 lbs (1 kg) untuk tiap 100 lbs berat badannya, 0,5—1 lbs (225—450 g) grain, dan 1,25—1,5 lbs (570—680 g) hay untuk setiap 100 lbs (45 kg) berat badan. Leguminosa biasanya diberikan untuk kuda muda dalam masa pertumbuhan dan kuda betina bunting. Campuran ransum untuk kuda dewasa mengandung 10% protein, sedangkan kuda bunting dan kuda menyusui membutuhkan sekitar 12% protein. Peternak hendaknya waspada terhadap gangguan terjadinya sand colic, yaitu gangguan yang disebabkan oleh pemberian pakan jerami yang diletakkan di atas tanah.

Sumber: pertanian.com

#himaprotercerdas

#himaproter2016

#masifekspansif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *