Goresan Tinta Emas Aktivis

ICHSAN - KETUA

Ichsan Al hakim

D14120101

Ketua Himaproter 2014-2015

Sejarah negara kita telah membuktikan bahwa pemuda seperti mahasiswa adalah sosok yang mampu membawa perubahan pada suatu bangsa. Segala macam bentuk kegiatan yang dilakukan pemuda, khususnya mahasiswa menjadi sebuah gerakan-gerakan kecil yang berdampak besar bagi masyarakat dan bangsa. Opini masyarakat menganggap mahasiwa adalah dalang dari kerusakan infrasturktur publik melalui sikap anarkis ketika menyuarakan aspirasi saat demonstrasi, namum tidak sedikit pula masyarakat merasa bangga kepada mahasiswa karena kepeduliannya terhadap kegiatan sosial untuk membantu masyarakat dan membangun desa melalui kopetensi menjadi seorang aktivis mahasiswa.

381493_620

“Mahasiswa harus punya aksi”  sumber : m.tempo.com

       Tahun 2016 BPS menyatakan bahwa jumlah penduduk indonesia yang berusia 15 sampai 64 tahun baik itu laki-laki (82 104 636) dan perempuan (81 263 055) juta jiwa, hampir setengah dari jumlah penduduk indonesia adalah pemuda dan diantaranya adalah mahasiwa. Gerakan-gerakan pemuda dan mahasiswa mencerminkan gerakan perubahan suatu bangsa. Gerakan ini dilakukan dengan cara-cara yang unik, kreatif, dan kritis yang dikemas dalam berbagai kegiatan mahasiswa. Segala bentuk gerakan mahasiwa tercatat dalam peradaban. Sesuai dengan perkataan Hasan Al-Bana “Dalam setiap kebangkitan sebuah peradaban dibelahan dunia, kita akan menjumpai bahwa pemuda adalah salah satu iramanya”.

Mahasiswa mendapatkan pendidikan dan lingkungan bukanlah dibentuk untuk menjadi orang kaya raya atau seorang pejabat. Melainkan dituntut untuk menjadi aktor perubahan pembangunan dalam masyarakat. Mahasiswa memiliki kebebasan dalam mengakses informasi dari berbagai stakholder, baik dalam instansi pemerintah maupun swasta.  Dalam melakukan gerakannya, mahasiswa tidaklah memiliki modal materi yang cukup untuk membangun masyarakat. Berbeda dengan pemerintah yang bertabur materi anggaran dana, hal itulah yang menjadi tugas pokok pemerintah dalam membangun lingkungan, khususnya masyarakat. Namun yang menjadi pertanyaan, sudah seriuskan pemerintah dalam membangun masyarakat?

lkti

Prestasi mahasiswa IPTP, salah satu bentuk aksi mahasiswa di bidang akademik. Sumber : iptp.ipb.ac.id

            Sebuah keistimewaan yang dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah modal. Modal kepercayaan, modal kebersamaan, modal kekompakan sesama mahasiswa, dan modal keberanian lah yang menjadi landasan pergerakan mahasiswa, sehingga gerakan mahasiswa ini abadi. Pemuda intelektual dilatih untuk menjadi pemimpin penerus bangsa. Pelatihan tersebut tidaklah singkat hanya satu hari-satu malam, namun pelatihan tersebut berjalan setiap waktu. Dinamika-dinamika yang ada dalam kehidupan mahasiswa itulah yang akan membentuk mahasiswa sebagai kaum terpelajar memiliki kemampuan dalam memimpin.

            Perasaan sedih dan senang yang dialami pemuda dan mahasiswa, terkadang menjadi sebuah catatan tersendiri dalam menikmati hidup. Coretan-coretan tinta hitam pada sebuah kertas putih menjadi teman perjalanan hidup, dan tinta emas adalah sebuah coretan kebanggaan terhadap perubahan untuk negeri, Indonesia.

*Mahasisiswa Tingkat Akhir IPTP

Ichsan Al hakim

D14120101

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *