Inilah Penyakit Zoonosis Mematikan: AI

Halo, selamat menikmati waktu luang pembaca yang budiman! Kali ini, Himaproter Cerdas akan membahas tentang penyakit AI (Avian influenza) atau Flu Burung. Karena beberapa bulan lalu Indonesia cukup digemparkan oleh ditemukannya virus Flu Burung yang menyebabkan tingginya Kematian ayam secara mendadak di beberapa daerah. Sepajang 2016 ditemukan kasus Flu Burung positif pada unggas di 17 kabupaten/kota dari 7 provinsi, yaitu Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan bahkan DKI Jakarta.

Apa itu Flu Burung?

Flu Burung adalah salah satu penyakit zoonosis akut menular yang disebabkan oleh virus Avian influenza A (H5N1). Flu Burung sangat berbahaya karena menyebabkan Kematian unggas secara mendadak, menyebar cepat dan berpotensi menular ke manusia.  Sejak lebih dari satu abad yang lalu, beberapa subtipe dari virus ini telah menghantui manusia. Berbagai variasi mutasi subtipe virus influenza A yang menyerang manusia dan telah menyebabkan Pandemi.

Karakteristik virus Flu Burung

Virus ini dapat bertahan di dalam kotoran unggas dan lingkungan (air dan tanah) dalam waktu beberapa minggu saja. Sayangnya, virus ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang pada suhu yang dingin. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir sebagai konsumen karena virus ini dapat mati jika makanan dimasak hingga matang.

Gejala-gejala umum Flu Burung

Gejala Flu Burung pada manusia mirip dengan gejala flu pada umumnya, yaitu seperti demam/panas tinggi (>38°C), batuk dan sakit tenggorokan serta mengalami sesak nafas. Selain itu ada indikasi sakit kepala, terasa ngilu di persendian lengan, kaki dan punggung (sakit akan meningkat saat batuk). Jika ada gejala tersebut dan juga mempunyai faktor risiko seperti kontak dengan unggas sakit atau mati, mengolah unggas dan produk unggas (telur), dan kontak dengan kotoran unggas, masyarakat diminta segera berobat ke Puskesmas.

Cara mudah mencegah penularan H5N1 ke manusia

Hingga saat ini belum ada vaksin yang mampu mencegah penyakit ini jika sudah berjangkit pada manusia. Maka pencegahannya sangat mutlak untuk dilakukan. Keberhasilan pengendalian Flu Burung sangat ditentukan oleh peran dan dukungan seluruh masyarakat terutama dalam tindakan pencegahan. Upaya yang dapat dilakukan masyarakat adalah menghindari kontak dengan unggas sakit atau mati mendadak, konsumsi produk unggas yang betul-betul matang, menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Jadi jagalah lingkunganmu tetap bersih dan Be healthy! Eat well. Live well 

Sumber: Buku Petunjuk Umum Pencegahan Flu Burung (H5N1) pada Unggas dan Manusia oleh Komnas FBPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *