Pelatihan Pembuatan Vermikompos

Divisi NRSH Himaproter telah melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan media vermikompos di kandang A Fakultas Peternakan IPB pada Minggu, 15 Mei 2016. Pelatian ini diketuai ketua divisi NRSH Shinta Yulia Basril dan diikuti oleh anggota IFFAS, yang termasuk LS di bawah BEM-KM IPB dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami manajemen pembuatan pupuk vermkompos.

242557

Vermikompos merupakan pupuk organik yang terbuat dari kotoran cacing. Cacing yang digunakan dalam pembuatan pupuk vermikompos di kandang A Fakultas Peternakan IPB adalah jenis Lumbricus.  Media untuk hidup cacing dibuat dengan bahan kotoran yang sudah setengah terkompos dan tanah yang gembur (tidak padat dan remah). Perbandingan bahan yang digunakan adalah 1:1. Sedangkan perbangan media dengan cacing yang digunakan adalah 4:1.

Cara pembuatan media vermiompos diantaranya, media di campur hingga homogen dan tidak ada gumpalan baik dari tanah maupun kotoran. Media disimpan setengah bagian di wadah yang menggantung dan memiliki saluran untuk air dapat merembes tetapi tidak membuat cacing keluar. Setelah itu cacing diletakkan diatas media.

Pemberian pakan cacing dilakukan satu kali tiap hari, menggunakan kotoran sapi yang tidak kering tetapi juga tidak juga yang baru keluar dari anus sapi. Kotoran ditambahkan air hingga bertekstur seperti bubur. Setelah diberi pakan wadah cacing ditutup karna cacing tidak menyukai tempat yang terang. Setelah satu bulan pemeliharaan cacing, cacing dipisahkan dari media. Setelah itu media didiamkan selama dua minggu hingga kering dan dilakukan pengemasan setelahnya.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan ilmu baru bagi peserta yang mengikutinya dan Divisi NRSH Himaproter mampu memproduksi pupuk vermikompos yang berkualitas serta telah melakukan kerja sama untuk penjualan produk pupuk vermikompos ini.

vermikompos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *