Pentingnya Kolesterol untuk Tubuhmu

Selamat sore, pembaca setia HIMAPROTER CERDAS!

Tak terasa Himcer kali ini sudah edisi yang ke 13. Semoga semakin eksis dan bisa terusbermanfaat bagi pembaca semua ya.

Pembaca setia tentunya tahu tentang kolesterol. Kolesterol bisa ditemukan diberbagai bahan makanan seperti kuning telur, daging, dan susu. Wah berbahaya dong ? hehehebelum tentu loh. Buat kamu yang masih percaya dengan mitos tersebut berarti harus paham benar mengenai kolesterol dan manfaatnya.

foods-high-cholesterol

Apa itu kolesterol ?

Menurut LIPI, kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80 % dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20 % sisanya dari luar tubuh (zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, antara lain membentuk dinding sel. Kolesterol termasuk dalam salah satu komponen lemak. Tentunya sudah pada tahu bahwa lemak itu juga merupakan zat yang digunakan untukmemenuhi kebutuhan gizi kita, sama halnya seperti zat nutrisi lainseperti karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral. Lemak menjadi sumber energi bagi tubuh dengan kalori yang paling tinggi di antara sumber nutrisi lainnya. Disamping sebagai sumber energi, ternyata kolesterol juga merupakan zat yang benar-benar dibutuhkan tubuh yakni untuk membentuk membran sel dalam tubuh. Kebayang gak sih kalau tidak ada kolesterol ? Kemungkinan sel tubuh kita bisa dengan mudahnya hancur satu dengan yang lain akibat kurangnya kolesterol. Selain itu,kolesterol juga dibutuhkan sebagai bahan pembentukan hormon-hormin steroid.

Kolesterol ternyata tidak selamanya berbahaya, karena kolesterol terbagi menjadi dua jenis yakni kolesterol baik atau HDL , dan kolesterol jahat atau biasa disebut sebagai LDL. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)merupakan kolesterol yang tidak berbahaya bagi tubuh karena memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan kolesteroljahat yang ada di pembuluh darah kembali ke hati. Salah satu contoh produk peternakan yang mengandung HDL ialah yogurt. Bagaimana dengan LDL? LDL seringkali ditemuka pada produk peternakan akan tetapi kembali lagi kepada proses pengolahannya karena proses pengolahannyajuga berpengaruh terhadap penyerapan nutrisi dalam tubuh kita demikian juga kandungan nutrisinya sendiri.

 Kolesterol secara normal diproduksi oleh tubuh kita sendiri dalam jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tubuh. Akan tetapi ininih yang menyebabkan banyak orang mengatakan bahwa kolesterol berdampak kurang baik bagi tubuh, yakni ketika jumlahnya di dalam tubuh meningkat karena asupan makanan yang berlebihan. Kolesterol yang diproduksi lebih darikebutuhan tubuh akan mengalami penimbunan di dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan timbulnya penyakit aterosklerosis yakni penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat tertimbunnya lemak. Ini nih yang menjadi cikal bakal dari berbagai penyakit seperti jantung koroner dan stroke.

Ada dua faktor yang mempengaruhi penyebab meningkatnya produksi kolesterol dalam tubuh, yakni faktor genetik dan faktor makanan. Beberapa orang ada yang secara genetik memang dengan mudah memproduksi kolesterol ada juga yang tidak. Sedangkan dari segi konsumsi makanan, ada dua jenis lemak yang ada pada makanan yakni lemak jenuh yang ada padadaging dan minyakkelapa, dan lemak tidak jenuh yakni asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, dan asam lemak omega 9. Lemak yang tak jenuh inilah yang baik untuk tubuh dan dapat diperoleh dari lemak nabati dn beberapa lemak hewani seperti ikan dan telur omega tiga yang merupakan produk peternakan juga.

Kolesterol itu bagaikan dua sisi keping mata uang. Satu sisi kolesterol akan sangat bermanfaat bagi tubuh terkhususnya pembentukan sel, vitamin D dan hormon,akan tetapi jika kita mengkonsumsi makanan berkolesterol dengan berlebihan tentunya akan ada penimbunan kolesterol dan berdampak buruk bagi kesehatan. Buat pembaca setia yang masih meragukan produk peternakan sebagai produk yang menjadi sumber kolesterol, jangan ragu untuk mengkonsumsinya karena jika pembaca mengkonsumsi dengan baik secara jumlah dan secara pengolahannya, tentunya juga akan bermanfaat bagi tubuh.

Mari jaga kesehatan, karena kita berharga !

Sumber : Balai Informasi Teknologi LIPI, www.organisasi.org, www.amazine.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *