Sektor Agrbisnis Peternakan: Meningkatkan Jumlah Pengusaha Indonesia

Oleh : Sarman Sipahutar/ Mahasiswa IPTP 50

Sumber referensi : republika.co.id dan detik finance.com

Jumlah pengusaha di Indonesia sekarang ini hanya sekitar 1,65 % berdasarkan penyampaian Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di beberapa media (Republika dan Detik Finance). Persentase jumlah pengusaha Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara-negara tetangga (Malaysia, Thailand, dan Singapura). Peningkatan jumlah pengusaha di Indoensia akan berdampak positif terhadap kestabilan perekonomian Indonesia. Hal ini dikarenakan kegiatan wirausaha tersebut dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan perputaran uang antar pelaku ekonomi cenderung stabil.

Peningkatan jumlah pengusaha di Indonesia dapat dilakukan dengan berusaha di bidang agribisnis peternakan. Sektor agribisnis peternakan merupakan kegiatan usaha produksi peternakan, yang terbagi menjadi dua yaitu On Farm (kegiatan produksi ternak) dan Out Farm (pengolahan produk ternak). Agribisinis peternakan berkaitan dengan industri atau usaha dibidang pangan, dimana jumlah permintaan produknya selalu meningkat setiap tahunnya. Usaha agrbisnis peternakan di Indonesia masih berpusat dibeberapa wilayah, sehingga dapat dijadikan peluang untuk melakukan kegiatan usaha tersebut dengan permintaan produk yang sangat tinggi.

Kegiatan On Farm dalam usaha peternakan mempunyai peluang untuk mendapatkan laba tinggi. Contohnya dengan usaha penggemukan dan pembibitan ternak (ternak sapi, kambing, dan domba). Kegiatan usaha penggemukan ternak relatif membutuhkan waktu yang singkat dan mendapatkan keuntungan yang besar sehingga prospektif untuk dikembangkan oleh calon-calon pengusaha di Indonesia. Selain kegiatan usaha On Farm, kegiatan usaha Out Farm sektor pengolahan juga memiliki angka prospektif yang besar seperti pengolahan susu. Ini dapat dilakukan dengan jumlah permintaan susu yang setiap tahunnya terus meningkat (pemerintah harus melakukan kegiatan impor dari negara lain). Selain itu, produk—produk pangan dari olahan ternak lainnya, seperti sosis, bakso, nugget, yoghurt, keju, dan lainnya sangat besar jumlah permintaannya dalam pasar, sehingga peluang untuk berusaha di bidang tersebut cukuplah besar.

Sektor agrbisnis peternakan merupakan sektor yang belum berkembang pesat di Indonesia, namun permintaan akan produk dari sektor usaha tersebut sangatlah tinggi. Pangan merupakan produk dengan permintaan yang selalu berlanjut dan meningkat, sehingga inilah peluang bagi calon-calon pegusaha sukses Indonesia. Ingat kata-kata bapak presiden Ir. Soekarno “Pangan adalah hidup atau matinya suatu bangsa”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *