HIMAPROTER CERDAS – SMARTernak UNTUK MANAJEMEN PETERNAKAN PRESISI

SMARTernak merupakan salah satu produk DycodeX untuk Precision Livestock Farming (PLF) berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI). SMARTernak bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi Peternak dalam mengelola peternakannya dengan cara memberikan prediksi kegiatan ternak dan saran penanganan kepada peternak menggunakan teknologi. Melalui website dan aplikasi ponsel, notifikasi akan langsung terhubung ke gadget Peternak. Cara kerja SMARTernak adalah dengan beberapa sensor yang mampu mendeteksi aktivitas hewan ternak secara real time. SMARTernak didesain untuk bisa segera  diimplementasikan dengan mengalungkan sensor pada hewan dan memasang koneksi.

SMARTernak akan sangat membantu peternakan yang mengadopsi jenis peternakan bebas atau yang tidak mengikat hewan ternak. Hal ini juga berdampak pada penghematan biaya operasional monitoring. Namun, masih banyak peternak yang kurang peka terhadap perubahan termasuk teknologi dan rentan terhadap masalah kompleksitas karena berbasis IoT. Kegagalan atau bug dalam software atau hardware akan memiliki konsekuensi serius.

 

Sumber:

dailysocial.id.SMARTernak Jadi Solusi IoT untuk Optimalkan Peternakan: Deskripsi, Kelebihan & Cara kerja[internet]. 14 Mei 2018, [diakses pada 9 Maret 2022].

https://dailysocial.id/amp/post/smarternak-jadi-solusi-iot-untuk-optimalkan-peternakan

jabarprov.go.id.Pemanfaatan Teknologi untuk Peternakan: Deskripsi, Tujuan & Keunggulan[internet]. 25 Juli 2019, [diakses pada 9 Maret 2022].

https://jabarprov.go.id/index.php/news/33805/2019/07/25/Pemanfaatan-Teknologi-untuk-Peternakan